Minggu, 03 Oktober 2010

TUGAS RISET PEMASARAN

Nama :Yekti Lestari

Npm :11207186

Kelas :4EA03

1. Tema/Topik : Marketing Mix/Bauran Pemasaran

2. Judul, Pengarang, & Tahun

Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Cepat Saji (fast food) McDonald's Malang

Nama : Elly Fibrianty

Tahun : 2009

Judul : Pengaruh BauranPromosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan (Studi Kasus pada Mie Jogja Pak Karso di Malang)

Nama : Putri Pramesti

Tahun : 2008

Judul : Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Honda (Studi Pada Dealer Marga Kartika Motor Wlingi)

Nama : Evi fachrida

Tahun : 2007

3. Latar Belakang :

Perkembangan usaha saat ini maju dengan pesat. Persaingan usaha pun juga semakin ketat. Pelaku usaha dituntut harus berusaha lebih keras dan cermat dalam menghadapi pesaing. Pelaku usaha harus menggunakan strategi yang tepat agar dapat bertahan di pasar. Salah satu strategi yang digunakan adalah bauran promosi. Pada situasi seperti ini peran pamasaran sangat penting bagi perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dalam konsep pemasaran, perusahaan tidak cukup hanya dengan memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan bermutu tetapi hal penting yang harus dilakukan perusahaan adalah bagaimana mengkomunikasikan produknya agar diketahui dan menarik minat konsumen untuk membelinya. Salah satu strategi yang digunakan adalah bauran promosi. Mie Jogja Pak Karso di Malang menggunakan bauran promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.

4. Metodelogi

a. Data atau Variabel

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bauran promosi, yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan masyrakat, dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian.

b. Model

Elly Fibrianty : Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Pembelian Konsumen

Harga

Promosi

Putri Pramesti: bauran promosi, keputusan pembelian

Produk

Promosi

Evi fachrida : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian

Harga

Promosi

5. Hasil & Kesimpulan

Hasil & Kesimpulan Jurnal 1 : Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, promosi, orang, dan proses berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan bukti fisik berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara simultan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah variabel bukti fisik.

Hasil & Kesimpulan Jurnal 2 : Berdasarkan hasil penelitian tersebut, empat elemen bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, dan pemasaran langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan satu elemen, yaitu hubungan masyarakat berpengaruh negatif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga semua elemen bauran promosi dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Bauran promosi yang paling dominan dalam penelitian ini adalah penjualan perseorangan.

Hasil & Kesimpulan Jurnal 3 : Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan antara bauran promosi baik secara simultan terhadap keputusan pembelian dinyatakan telah dan dapat dibuktikan.
Hasil & Kesimpulan peneliti : Secara keseluruhan bauran promosi atau marketing mix seperti, harga, produk, promosi dan distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembeian.


6. Saran untuk lanjutan

Periklanan merupakan faktor paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sehingga perusahaan harus tetap mempertahankan dan Meningkatkan kegiatan tersebut karena periklanan merupakan alat yang efektif untuk mendongkrak penjualan. Untuk mendukung keberhasilan kegiatan personal selling lebih ditingkatkan kualitas layanan tenaga penjual dengan memberikan pengetahuan lewat pelatihan karyawan agar lebih terampil, mahir berkomunikasi, kepribadian menarik sehingga mampu melayani daya tarik konsumen. Mengadakan kegiatan bersama seperti touring dengan klub-klub sepeda motor Honda dan mengadakan bakti sosial. Hal ini akan lebih mempererat hubungan antara perusahaan dengan konsumennya. Perlu adanya koran dan majalah bagi pelanggan agar saat antrian panjang, sehingga mengurangi rasa kebosanan.