Kamis, 04 Maret 2010

Tips memilih dan membeli helm

Helm merupakan pelindung kepala saat kita mengendarai sepeda motor. Helm wajib di gunakan bukan hanya demi keamanan lalu lintas tapi untuk diri sendiri. Ada banyak jenis helm mulai dari model,ukuran dan merk. Untuk itu para pengendara (biker) biasanya memilih nodel helm sesuai tingkat kenyamanan mereka.

Beberapa tips berikut yang bisa dipertimbangkan saat akan memilih dan membeli helm, antara lain:

1. Helm yang baik adalah helm yang bentuknya sudah memenuhi standar keamanan.
Hindari helm berbentuk cetok yang biasa dipakai oleh tukang atau kuli bangunan. Sebaiknya pilih helm yang terbuat dari lapisan cangkang luar yang membungkus seluruh kepala dan menyisakan ruang yang cukup untuk memandang ke depan. Di pasaran, helm ini dikenal dengan nama helm cakil. Pastikan juga helm tersebut memiliki cangkang yang lumayan tebal dan tahan terhadap benturan.


2. Hindari pemilihan helm yang longgar karena nyaris tak memberi manfaat.
Jangan pula membeli yang terlalu sempit karena dapat mengganggu aliran darah dalam kepala, sehingga bukan tidak mungkin jika Anda merasakan pusing, sakit kepala, atau bahkan sesak napas. Cara terbaik adalah mencobanya di toko tempat Anda membeli. Jika terasa nyaman, baru dibeli.

3. Kenyamanan helm harus ditunjang dengan beratnya yang cukup ringan, sehingga tidak membebani kepala jika dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

4. Pastikan kaca helm yang terpasang nyaman untuk memandang.
Kalau bisa, pilih mika yang bening dan tidak memiliki efek cembung atau cekung agar tidak membuat pusing kepala atau bahkan mengurangi jarak pandang.

Sumber: Klasika 23 April 2008

http://kumpulantipspilihan.blogspot.com/2008/04/tips-memilih-membeli- helm-untuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar